Sukses

PBB Minta Warga Dunia Waspadai Pandemi

PBB memperingatkan warga dunia meningkatkan kewaspadaan terhadap H1N1. Peringatan ini, menyusul pengumuman WHO yang menyatakan dunia sudah mengalami pandemi flu babi.

Liputan6.com, New York: Perserikatan Bansa-Bangsa (PBB) memperingatkan warga dunia meningkatkan kewaspadaan terhadap H1N1. Peringatan ini, menyusul pengumuman Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan dunia sudah mengalami pandemi flu yang disebabkan virus H1N1 alias flu babi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon, mengatakan kendati menular, sejauh ini virus itu tidak separah yang ditakutkan sebelumnya. "Tapi kita harus waspada. Kita tidak tahu gambaran apa yang akan muncul di bulan-bulan berikutnya," ujarnya, Kamis (11/6).

Ban mengungkapkan pihaknya akan mengelar pertemuan Komite Pengendalian Influenza di New York, pekan depan. Dia pun menekankan pentingnya akses terhadap vaksin, antibiotik maupun obat-obatan lainnya dalam menghadapi pandemi. Proses pembuatan vaksin saat ini sudah mulai berjalan. Menurutnya, hasil produksi pertama sudah bisa didapatkan pada September 2009.

PBB akan bekerja sama dengan negara-negara anggota PBB serta WHO dalam menghadapi pandemi. Hal itu guna memastikan langkah-langkah menghadapi pandemi dapat berjalan efektif dan terkoordinasi dengan baik. Ia juga meminta agar berbagai pihak menghindari langkah gegabah dan diskriminatif, seperti larangan bepergian dan pembatasan perdagangan yang diterapkan tanpa dasar-dasar yang kuat. (ANT)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.