Sukses

Bahaya di Balik Segarnya Es

Minum es di musim panas memang nikmat. Tapi hati-hati dengan kebersihan es yang digunakan para pedagang, sebab bisa saja es yang Anda konsumsi berasal dari air mentah.

Liputan6.com, Jakarta: Musim panas memang paling nikmat minum es. Banyak pilihan es dijual para pedagang, mulai dari es teler, es kelapa muda, atau es campur. Campuran buah-buahan ditambah es tentu sangat menggoyang lidah. Tapi tunggu dulu, buahnya memang sehat, tapi bagaimana dengan es yang digunakan?

Jika ditelusuri, tak jarang es balok yang digunakan pedagang ternyata dibuat dari air mentah yang tentu berbahaya bagi kesehatan. Hal yang sama dilakukan dengan es batu rumahan. Pedagang "nakal" mengambil air mentah dari keran dan langsung memasukkannya ke dalam kulkas.

Untuk membuktikan layak atau tidaknya es ini dikonsumsi, tim Liputan Sigi SCTV pun membawanya untuk diuji di laboratorium Institut Pertanian Bogor. Seperti sudah diduga, es balok produksi pabrik terbukti tidak memenuhi standar baku mutu dan tak layak konsumsi karena mengandung bakteri Escherichia coli (E. coli) yang bisa membahayakan sistem pencernaan tubuh manusia.

Jadi jika dahaga datang, jangan terburu napsu minum air es. Salah-salah meski dahaga hilang, penyakit lain justru datang. Berita selengkapnya dapat disimak dalam video berikut.(TES/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.