Sukses

Menkes: Terduga Flu Babi Tak Perlu Diisolasi

Sejak ditetapkan sebagai kejadian luar biasa atau KLB pada Juni silam, setiap harinya penderita flu babi terus bertambah di Indonesia. Hingga kini Departemen Kesehatan mencatat tiga orang meninggal akibat virus H1N1.

Liputan6.com, Jakarta: Flu babi terus merebak. Demam tinggi disertai batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan menghinggapi para santri Pondok Pesantren Nahdlotul Muslimat Solo, Jawa Tengah. Mereka ikut tertular penyakit mematikan itu. Dari hasil pemeriksaaan dinas kesehatan, sebanyak 23 santri dirujuk ke Rumah Sakit Dokter Moewardi karena diduga terinfeksi virus H1N1. Sedang 17 lainnya diisolasi di pondok pesantren.
 
Kendati jumlah penderita flu babi di Tanah Air terus bertambah dan bahkan hingga kini diperkirakan sudah mencapai angka 600 orang dan tersebar di 18 provinsi di Indonesia. Departemen Kesehatan mengaku tak mengalami hambatan terkait penanganan pasien suspect flu babi di tiap rumah sakit.
 
Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari, Rabu (5/8), mengatakan angka kematian yang disebabkan oleh virus H1N1 ini masih tergolong kecil. Selain itu, Menkes juga menambahkan, pasien terduga flu babi tak perlu mendapat perawatan khusus alias tidak perlu diisolasi.

Virus H1N1 tak luput menyerang ibu kota. Kemarin sore, jenazah warga negara Pakistan yang diduga terinfeksi virus tersebut dibawa ke negara asalnya setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center. Saat itu, warga Pakistan tersebut diisolasi selama tiga hari.

Lantas, jika pasien suspect flu babi tidak diisolasi, bukankah akan menambah penyebaran virus H1N1 di masyarakat? Sudah siapkah masyarakat kita? Departemen Kesehatan mencontohkan beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, dan Singapura dalam merawat pasien suspect flu babi tidak perlu diisolasi. Selengkapnya saksikan video berikut.(BJK/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini