Sukses

Presiden Kolombia Terinfeksi Flu Babi

Presiden Kolombia Alvaro Uribe terinfeksi virus A-H1N1. Uribe terserang gejala flu babi, Jumat silam, setelah pulang dari Argentina untuk menghadiri pertemuan puncak negara-negara Amerika Selatan.

Liputan6.com, Bogota: Presiden Kolombia Alvaro Uribe terinfeksi virus A-H1N1. Demikian konfirmasi Menteri Perlindungan Sosial Kolombia Diego Palacio, Ahad (30/8) waktu setempat seperti dilansir ANTARA. Uribe terserang gejala flu babi, Jumat silam, setelah pulang dari Argentina untuk menghadiri pertemuan puncak negara-negara Amerika Selatan. Ia telah menjalani pemeriksaan medis dan kini berada dalam perawatan.

"Presiden terserang gejala penyakit ini, kemajuannya positif saat ini," kata Palacio. Ia menyatakan Uribe terus melaksanakan tugas normalnya sebagai presiden kendati menjalani perawatan medis dan dikarantinakan secara sukarela.

Uribe, tokoh konservatif yang menjadi sekutu penting Washington di Amerika Selatan, menghadiri pertemuan puncak dengan para pemimpin regional lain di Argentina. Ia mulai menderita demam, sakit kepala dan sakit punggung setelah pertemuan tersebut. Para pemimpin yang bertemu dengan Uribe pada pertemuan puncak itu telah diberitahu mengenai infeksi yang dialami Uribe. Saat ini, terdapat 621 kasus flu babi yang dikonfirmasi di Kolombia.

Sebelumnya, Presiden Kosta Rika, Oscar Arias, adalah kepala pemerintahan pertama yang diketahui telah terserang flu babi. Ia pulih dari gejala ringan virus itu dan kembali menjalani tugas rutinnya awal Agustus silam, setelah bekerja dari rumah selama sekitar satu pekan sewaktu menjalani perawatan.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.