Sukses

Cina Akan Berikan Vaksin Massal

Pemerintah Cina berencana memberikan vaksin flu babi kepada sekitar 100.000 sukarelawan. Pada tahun ini, Cina menargetkan memvaksin sekitar 65 juta orang atau sekitar lima persen dari keseluruhan rakyatnya.

Liputan6.com, Beijing: Pemerintah Beijing berencana memberikan vaksin flu babi kepada sekitar 100.000 sukarelawan yang terpilih berpartisipasi dalam perayaan Hari Kebangsaan Cina pada 1 Oktober mendatang. Mereka disebut sebagai salah satu kelompok pertama yang mendapatkan vaksin flu babi dari pemerintah Cina. Demikian berita yang dilansir AFP, Selasa (8/9).

Keputusan tersebut adalah bagian dari upaya Cina menjamin kelancaran perayaan Hari Kebangsaannya. Meski akan memberikan vaksinasi pada ratusan ribu sukarelawan, Menteri Kesehatan Cina Chen Zhu mengatakan program vaksinasi telah berjalan mulai pekan ini. Hanya saja, ia tak menjelaskan waktu tepatnya. Tentara, polisi, anak-anak berusia 5-10 tahun, petugas kesehatan dan para pekerja di sektor penerbangan akan menjadi prioritas utama pemberian vaksin.

Sebelumnya, Perdana Menteri Cina Wen Jiabao mendesak otoritas kesehatan untuk mencegah penularan virus H1N1 sebelum 1 Oktober. Ini mengingat adanya peringatan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengenai penyebaran virus H1N1 akan meluas pada bulan-bulan mendatang.

Pada tahun ini, Cina menargetkan memvaksin sekitar 65 juta orang atau sekitar lima persen dari keseluruhan rakyatnya. Untuk itu, Cina telah menyiapkan sekitar dua juta dosis vaksin pada bulan ini. Cina salah satu negara yang terjangkit kasus flu babi yang telah memakan korban jiwa hingga 2.837 orang di seluruh dunia.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini