Sukses

Pengobatan dengan Lintah

Lintah ternyata bisa menjadi alat terapi. Di Surabaya, Jatim, seorang penyembuh alternatif memanfaatkan lintah untuk pengobatan.

Liputan6.com, Surabaya: Seorang penyembuh alternatif di Kota Surabaya, Jawa Timur, menggunakan lintah untuk pengobatan. Meski cara pengobatan yang dilakukan Abdul Rosyid berbeda, puluhan pasien tetap rela antre. Seperti yang terlihat saat ia membuka praktik pengobatan dadakan di Jalan Kembang Kuning, Kulon Besar, Surabaya, belum lama ini.

Sebelum proses pengobatan dimulai, Abdul Rosyid akan menanyakan jenis penyakitnya. Kemudian ia memberikan tanda dibagian mana lintah akan ditempatkan. Setelah itu, sang asisten yang akan bekerja. Tanda-tanda titik yang sudah ada selanjutnya diolesi telur. Tujuannya agar lintah terpancing menyedot darah pasien.

Pengobatan dimulai. Lintah pun ditempelkan. Sang pasien harus pasrah saat darahnya disedot lintah. Tentu saja rasa geli dan jijik harus dikesampingkan sebisa mungkin demi sembuhnya penyakit.
 
Menurut Abdul Rosyid, praktik pengobtan dengan menggunakan lintah ini sudah dijalaninya sejak enam tahun lalu. Ia datang dari Madura khusus untuk membuka pengobatan setiap dua pekan sekali. Dalam pengobatan ini sang pasien tidak dipatok biaya. Mereka hanya memberikan uang secara sukarela sebagai ganti peralatan yang telah digunakan. Sedangkan lintah yang telah dipakai untuk terapi langsung dibuang. Simak selengkapnya di video berita ini.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini