Sukses

Belasan Balita di Bekasi Positif HIV

Dinkes Bekasi, Jabar, mencatat, hingga kini sebanyak 18 balita di Kota Bekasi dinyatakan positif mengidap penyakit HIV/AIDS. Mayoritas penularan berasal dari orang tua pasien saat masih berada dalam kandungan.

Liputan6.com, Bekasi: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Jawa Barat, menyatakan sebanyak 18 anak bawah lima tahun (balita) di wilayah setempat dinyatakan positif mengidap penyakit HIV/AIDS. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Retni Yonti, di Bekasi, Senin (30/11).

Menurut Retni, data tersebut adalah informasi terakhir yang didapat pihaknya melalui sejumlah rumah sakit di wilayah Bekasi. "Mayoritas penularan penyakit berasal dari orang tua pasien saat masih berada dalam kandungan. Sebagian lagi terdeteksi pada usia tiga tahun," ucap dia seperti dilansir ANTARA.

Gejala penyakit HIV/AIDS pada balita, kata Retni, dapat terlihat dari sering buar air besar dan tidak kunjung sembuh yang disertai muntah-muntah. Terkait hal itu, Dinkes Bekasi meminta perhatian kaum ibu untuk mewaspadai jika ada balita yang memiliki gejala serupa.

Retni menjelaskan, pasangan suami istri yang rentan penyakit HIV disarankan untuk rutin memeriksakan diri ke RS guna pencegahan. Sementara bagi ibu hamil yang mengidap HIV, disarankan agar proses persalinan melalui operasi caesar agar bayi tidak tertular. "Ini dilakukan untuk mengontrol penyebaran virus tersebut. Sebab penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun virusnya bisa dihambat perkembangannya ke stadium lebih tinggi dengan cara memberi obat," kata Retni.

Hingga kini di Kota Bekasi, terdapat sedikitnya 579 pasien HIV/AIDS yang dalam proses perawatan. Penderita umumnya tidak tahu bahwa dirinya mengidap virus tersebut dan bingung untuk berobat. Penderita terbanyak berasal dari kalangan pemakai narkotik dan obat-obatan berbahaya (narkoba). Kendati demikian, Retni mengakui progam penanganan HIV/AIDS belum sepenuhnya berjalan dengan baik akibat terbatasnya klinik layanan HIV/AIDS di Kota Bekasi.

Lebih lanjut dijelaskan, beberapa rumah sakit, klinik atau pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang menangani HIV/AIDS di antaranya, Klinik VCT, RS Umum Daerah Bekasi, RS Ananda, Puskesmas Pondok Gede, klinik Mitra Sehati, Puskesmas Jatiasih, Puskesmas Bintara Jaya dan Puskesmas Rawa Lumbu.(UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.