Sukses

Perlukah Suplemen Dikonsumsi Tiap Hari?

Produk suplemen vitamin mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Tapi apakah mengkonsumsi suplemen vitamin setiap hari dibutuhkan oleh mereka yang sehat?

Liputan6.com, Baltimore: Produk suplemen vitamin banyak beredar di pasaran. Mulai dari apotek besar hingga warung-warung kecil. Tak sedikit pula masyarakat mengonsumsi suplemen vitamin secara teratur setiap hari. Tapi apakah mengonsumsi suplemen vitamin setiap hari dibutuhkan oleh mereka yang sehat?

Sejumlah penelitian yang dilakukan Departemen Kesehatan Amerika Serikat menunjukkan tak ada efek positif yang signifikan dari kebiasaan mengonsumsi suplemen vitamin setiap hari. "Tak ada alasan kuat bagi orang dewasa yang menerapkan pola makan sehat untuk mengonsumsi multivitamin secara rutin," ucap Dr. Erin Michos, asisten profesor kardiologi dari John Hopkins School of Medicine di Baltimore, Maryland, Amerika Serikat, baru-baru ini, seperti dilansir ABCNews.com.

Pernyataan ini juga didukung Ketua Kesehatan Keluarga dari University of Cincinnati dr. Jeff Susman. Ia mengatakan, orang sehat tak memerlukan makanan suplemen vitamin. Daripada menghabiskan uang untuk membeli suplemen, Susman menyarankan masyarakat untuk berolah raga teratur.(ZAQ/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.