Sukses

Sendok Berisiko Kesalahan Dosis

Berhati-hatilah menggunakan sendok sebagai takaran dalam mengonsumsi obat cair. Karena, kesalahan takaran dosis obat cair sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Liputan6.com, Atlanta: Berhati-hatilah menggunakan sendok sebagai takaran dalam mengonsumsi obat cair. Karena, kesalahan takaran dosis obat cair sangat berbahaya bagi tubuh kita. Demikian hasil penelitian Koert van Ittersum dari Georgia Institute of Technology di Atlanta, Amerika Serikat, seperti dilansir HealthDay News, Senin (4/1).

Penelitian dilakukan terhadap 195 mahasiswa yang mengunjungi klinik kesehatan kampus. Hasilnya, mahasiswa yang menggunakan sendok makan berukuran sedang mengakibatkan kelebihan dosis sekitar delapan persen dan menggunakan sendok berukuran lebih besar mengakibatkan overdosis hampir 12 persen.

"Jika menggunakan sendok bisa kelebihan takaran dosis, sebaiknya Anda menggunakan jarum suntik. Agar lebih aman dan terkontrol," kata Koert.

Sebelumnya, Food and Drug Administration memperingatkan warga di negara itu, untuk tidak menggunakan alat-alat dapur ukuran apa pun sebagai takaran obat cair. Pasalnya, penggunaan alat dapur sebagai takaran berpotensi memberikan takaran dosis yang salah.(RST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.