Sukses

Pemerintah Akan Kucurkan Dana BOK

Pemerintah bakal mengucurkan dana BOK. Masing-masing Rp 10 juta untuk 8.500 puskesmas di seluruh Indonesia dan Rp 100 juta buat 300 puskesmas unggulan.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengakui pelaksanaan program jaminan kesehatan masyarakat belum maksimal dan masih perlu banyak perbaikan. Sejumlah kasus penyanderaan rumah sakit terhadap pasien tidak mampu membayar adalah salah satu buktinya. Demikian disampaikan Menkes dalam acara pemaparan Program Kementerian Kesehatan 2010 di Jakarta, Jumat (8/1).

Menurut Menkes Endang, program ini perlu diperbaiki, terutama pada pendataan masyarakat yang berhak mendapatkan kartu peserta jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas). Untuk pendataan, Departemen Kesehatan akan menggandeng kembali PT Askes. Di samping itu, sistem jaminan juga akan diperbaiki.

Untuk mendukung program kesehatan yang langsung menyentuh masyarakat, Menkes Endang mengatakan, pemerintah bakal mengucurkan dana bantuan operasional kesehatan (BOK) kepada 8.500 puskesmas di seluruh Indonesia masing masing sebesar Rp 10 juta. Untuk 300 puskesmas unggulan, akan mendapatkan masing-masing Rp 100 juta.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.