Sukses

Kopi Kurangi Keparahan Hepatitis C

Kafein pada kopi dapat menurunkan tingkat keparahan hepatitis C. Setiap peningkatkan konsumsi kafein kopi sebanyak 67 miligram (satu setengah cangkir kopi), kemungkinan mengalami penurunan penyakit sebesar 14 persen.

Lipuran6.com, Amerika: Sebuah penelitian baru membuktikan bahwa kafein dalam kopi dapat mengurangi tingkat keparahan liver fibrosis pada pasien yang terkena virus hepatitis C kronis, demikian dilansir HealthDay News baru-baru ini. Liver fibrosis adalah penyakit liver tingkat dua, di mana fungsi hati menurun karena akumulasi jaringan penghubung.

Penelitian baru yang dilakukan oleh Institut Nasional Amerika Serikat, melibatkan 177 pasien hepatitis C dengan usia rata-rata 51 tahun. Mereka setiap hari mengkonsumsi kafein dari makanan dan minuman selama dua tahun.

Pasien yang mengkonsumsi lebih dari 308 miligram kafein kopi per hari (2,25 cangkir kopi biasa), memiliki liver fibrosis lebih ringan daripada pasien lain. Setiap peningkatkan konsumsi kafein kopi sebanyak 67 miligram (satu setengah cangkir kopi), kemungkinan mengalami penurunan penyakit sebesar 14 persen.

Jurnal Hepatologi mengatakan, sumber-sumber lain kafein seperti minuman ringan, teh, minuman yang diperkaya kafein, dan pil kafein tidak memiliki efek yang sama seperti kopi.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini