Sukses

Awas, Produk Herbal China Berbahaya

Pemakaian produk herbal yang populer di kalangan masyarakat China, ternyata dapat menyebabkan kanker. Asam aristolochic, yang terkandung dalam herbal dapat meningkatnya resiko kanker saluran urin.

Liputan6.com, Taipeh: Pemakaian produk herbal yang populer di kalangan masyarakat China, yang salah satunya mengandung asam aristolochic, ternyata ada kaitannya dengan meningkatnya resiko kanker saluran urin, demikian hasil studi penemuan para ilmuwan di Taiwan.

Asam aristolochic, dikalangan masyarakat China dikenal dengan "Mu Tong" umummnya dapat ditemukan dalam beberapa macam produk herbal yang digunakan oleh masyarakat China untuk pengobatan hepatitis dan "eczema".

Pada sebuah makalah yang dipublikasikan the Journal of the National Cancer Institute, para peneliti mengatakan bahwa mereka yang mengonsumsi Mu Tong menderita resiko pengembangan kanker saluran urin jauh lebih tinggi dan tingkat resiko semakin tinggi dengan tingginya dosis obat yang diberikan.

Juru bicara Institute of Occupational Medicne dan Industrial Hygiene di National Taiwan University, Jung Der Wang, dilansir dari ANTARA Senin (11/1) melarang melarang semua produk yang mengandung sedikitpun asam aristolochic, ia juga merekomendasikan untuk melanjutkan pengawasan berbagai macam herbal, termasuk herbal produk China.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.