Sukses

Ternyata Lari Bisa Merangsang Perkembangan Otak

Teruslah berlari! karena ternyata lari bisa merangsang perkembangan otak dan memperlambat penurunan kemampuan mental di usia senja.

Liputan6.com, Maryland: Semua orang tentu paham, olah raga lari atau jogging bisa membuat tubuh menjadi sehat. Tapi mungkin tak banyak yang tahu bahwa olah raga lari ternyata tidak hanya bisa membakar kalori, tapi juga membantu perkembangan otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan US National Institute di Maryland, AS, menemukan bahwa beberapa hari mengerakkan kaki dapat menyebabkan pertumbuhan ratusan ribu sel-sel otak baru.

Jogging seminggu dua kali dapat merangsang otak dan berdampak besar pada perkembangan kemampuan mental. Jogging juga dapat meningkatkan kemampuan untuk mengingat kenangan masa lalu, sehingga bisa juga menjadi cara baru untuk memperlambat penurunan kemampuan mental di usia senja.

Para ilmuwan itu melakukan serangkaian studi pada dua kelompok tikus. kelompok pertama dibiarkan berlari pada roda berjalan, rata-rata diatas 15mil (24km) per hari, sedangkan tikus lain membentuk kelompok kontrol. Tikus tersebut kemudian menjalani uji memori untuk melihat dampaknya. Uji coba itu membuktikan, tikus yang lebih lama berlari memiliki kemampuan otak yang lebih dibanding tikus yang tidak banyak bergerak.(RST/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.