Sukses

Diare Meluas di Ciamis

Wabah penyakit diare meluas di Kabupaten Ciamis, Jabar. Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Eman Suratman penderita diare jumlahnya meningkat.

Liputan6.com, Ciamis: Wabah penyakit diare meluas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. "Diare sudah cukup banyak menyerang warga di Ciamis, bahkan mereka semua kini dirawat di puskesmas dan sebagian di rumah sakit umum Ciamis," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Eman Suratman seperti dilansir ANTARA, Senin (25/1).

Sebagian masyarakat terpaksa dirawat intensif di rumah sakit setempat. Menurut Eman Suratman, penderita diare jumlahnya meningkat. Bila 22 Januari silam terdata 20 orang, hingga Ahad kemarin tercatat mencapai 262 orang. Eman mengatakan wabah penyakit diare menyerang warga di sebagian daerah Ciamis sejak 22 Januari silam.

Eman menjelaskan, peningkatan itu sudah dinyatakan kejadian luar biasa (KLB) diare. Penyakit ini bahkan dilaporkan sudah menewaskan dua orang. Diare salah satunya mewabah di Kecamatan Cimerak dan Parigi wilayah Kabupaten Ciamis selatan. Sejak diketahui gejala diare, warga langsung dirawat di puskesmas setempat.

Pasien diare di Ciamis selatan terus bertambah. Kondisi ini cukup membuat puskesmas tak cukup ruang menampung pasien. Bahkan sebagian di antaranya dirawat di puskesmas kecamatan lain. "Mereka para pasien kini sudah ditangani dokter medis di setiap Puskesmas," ucap Eman.

Sementara itu, kepala dinas kesehatan beserta jajaran dinas kesehatan Kabupaten Ciamis, meninjau lokasi daerah yang terserang diare. Mereka ingin mencari tahu penyebab wabahnya diare hingga menyerang banyak warga.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini