Sukses

Tingkatkan Memori Lewat Istirahat

Ada kabar baik bagi Anda. Sebuah penelitian baru mengatakan, Bila Anda ingin memperkuat ingatan, cukup dengan mengambil waktu sejenak untuk beristirahat.

Liputan6.com, New York: Ada kabar baik bagi Anda semua. Sebuah penelitian baru mengatakan, Bila Anda ingin memperkuat ingatan, cukup dengan mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Peneliti dari New York University (NYU) menemukan bahwa istirahat yang aktif dapat memperkuat memori, demikian dirilis Health, Jumat (29/1).

Tidur juga dikatakan sebagai cara yang paling berharga untuk melestarikan kenangan. Istirahat di siang hari sangat mempengaruhi ingatan. Penelitian yang diuji pada 16 peserta meminta mereka untuk beristirahat. Menurut asisten profesor psikologi di NYU, Lila Davachi, peserta yang diminta untuk beristirahat, lalu dengan functional magnetic resonance imaging (FMRI) aktifitas otak mereka diamati. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa penyimpanan jangka panjang memori diperkirakan terjadi dari hasil "off-line" transfer informasi dari hipokampus ke neokorteks.

"Daerah otak tetap aktif selama istirahat, menunjukkan pengulangan pengalaman," kata Davachi. Pakar lain juga menemukan hasil penelitian yang juga menarik, bahwa istirahat adalah saat ketika Anda mendapatkan transfer memori. Hasil temuan ini hanya dapat membantu dalam cara yang praktis, bagi individu yang berusaha untuk meningkatkan memori, dan untuk membantu para ahli memahami lebih lanjut soal memori dan apa yang tidak beres pada memori.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.