Sukses

Chikungunya Serang Ratusan Warga di Lebak

Penyakit chikungunya menyerang 163 orang di lima desa di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak sehingga Puskesmas setempat menetapkan kasus itu sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Liputan6.com, Lebak: Penyakit chikungunya menyerang 163 orang di lima desa di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak sehingga Puskesmas setempat menetapkan kasus itu sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Kepala Puskesmas Bayah, Anwar Sutisna, saat dihubungi ANTARA di Rangkasbitung, Banten, Sabtu (30/1), mengatakan, lima desa yang terjangkiti penyakit itu adalah Desa Sawarna, Darmasari, Bayah Barat, Bayah Timur, dan Cirancak.

"Kami menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) dan petugas medis terus melakukan upaya antisipasi agar penyakit itu tidak meluas ke daerah lain," kata Anwar. Ia menjelaskan, petugas medis telah melakukan fogging atau pengasapan di sejumlah pemukiman di desa tersebut untuk membunuh nyamuk aedes aegefty sebagai pembawa virus chikungunya.

"Saya juga menghimbau masyarakat untuk melakukan gerakan 3 M yaitu membuang menguras, menutup dan mengubur sarang nyamuk. Karena pengasapan hanya membunuh nyamuk dewasa tetapi tidak bisa membunuh jentik nyamuk, apalagi di saat musim hujan seperti saat ini" katanya.

Penyakit chikungunya tidak mematikan, namun penderita mengalami demam tinggi (39 derajat celsius), nyeri pada persendian, tidak nafsu makan, lemah, mual, sakit kepala, seperti gejala demam berdarah, dan fhotophobia. Penyakit chikungunya disebabkan oleh sejenis virus yang disebut virus chikungunya.  Virus Chikungunya ini masuk keluarga Togaviridae, genus alphavirus.
    
Untuk menangani kasus penyakit Chikungunya antara lain minum obat penurun demam (paracetamol), minum obat pengurang rasa sakit (aspirin), jika menderita nyeri persendian sebaiknya beristrihat dulu dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, minum sari buah-buahan segar, serta istirahat yang cukup.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.