Sukses

"Soft Drink"? Awas Kanker Pankreas

Mengonsumsi dua atau lebih soft drink selama seminggu dapat melipatgandakan risiko pengembangan kanker pankreas.

Liputan6.com, Minnesota: Sebuah penelitian baru mengatakan, ada kolerasi antara konsumsi minuman manis seperti soft drink dengan kanker pankreas. Peneliti percaya kandungan gula tinggi dapat meningkatkan jumlah pankreas yang menghasilkan insulin.

Dr. Mark Pereira, dari  University of Minnesota, mengakui orang yang mengonsumsi soft drink secara teratur cenderung memiliki pola makan yang lebih buruk secara keseluruhan. "Tingkat gula yang tinggi dalam soft drink dapat meningkatkan tingkat insulin dalam tubuh, yang diasumsikan memberikan kontribusi pada pertumbuhan sel kanker pankreas," kata Dr Pereira. Walau relatif jarang, kanker pankreas tetap menjadi salah satu yang paling mematikan dan hanya lima persen dari orang-orang yang didiagnosis bisa bertahan hidup sampai lima tahun kemudian.

Untuk studi ini, Dr Pereira dan kolega mengikutsertakan 60.524 pria dan wanita di Singapore Chinese Health Study  selama 14 tahun. Selama itu, ia menemukan ada 140 kasus kanker pankreas. Mereka yang mengonsumsi dua atau lebih soft drink per minggu (rata-rata lima per minggu) memiliki 87 persen peningkatan risiko dibandingkan dengan mereka yang tak mengonsumsi. Tidak ada asosiasi yang terlihat antara konsumsi jus buah dengan kanker pankreas. Dr Pereira mengatakan bahwa temuan di Singapura ini mungkin berlaku untuk semua negara-negara Barat.

Prof. Susan Mayne, di Yale School of Public Health, mengatakan hasil studi ini menarik namun memiliki beberapa keterbatasan utama. "Meski studi ini menemukan risiko, temuan itu didasarkan pada jumlah kasus yang relatif kecil dan masih belum jelas apakah itu sebuah asosiasi sebab-akibat atau tidak.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini