Sukses

Delapan Kecamatan di Manado Endemi DBD

Wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Manado terus merebak ke sejumlah daerah, hingga kini delapan kecamatan sudah ditetapkan sebagai daerah endemi DBD.

Liputan6.com, Manado: Wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu, (24/2) terus merebak ke sejumlah daerah. Hingga kini sebanyak delapan dari sembilan kecamatan di Kota Manado telah ditetapkan sebagai daerah endemi demam berdarah.

Dari data di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Manado, tercatat sudah 300 pasien yang dirawat, sebelas di antaranya meninggal dunia. Banyaknya jumlah pasien, memaksa pihak rumah sakit merawat sebagian di lorong rumah sakit, karena ruang perawatan sudah penuh.

Amon Tumonggo, salah satu orang tua pasien berharap, Pemerintah Kota Manado memperhatikan dengan serius ancaman penyakit ini, dengan menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk, agar endemi demam berdarah tidak semakin meluas. Amon juga mengaku khawatir melihat elit politik Kota Manado saat ini yang hanya fokus pada masalah Pilkada.

Demam berdarah juga mewabah di dua kecamatan di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Hampir tiap hari selalu saja ada anak-anak yang terkena DBD dan terpaksa dirujuk ke rumah sakit. Untuk mencegah meluasnya daerah endemi, Dinas Kesehatan setempat melakukan fogging atau pengasapan. Warga juga diminta aktif membersihkan lingkungan dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk.(ARL/ETA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini