Sukses

Sahabat Bikin Tambah Sehat

Beberapa penelitian membuktikan, sahabat dapat memberikan efek sehat pada tubuh kita melalui interaksi dan cerita-cerita positif.

Liputan6.com, Jakarta: Sebagai makhluk sosial, manusia pasti berinteraksi dengan manusia lain dan lingkungannya. Oleh karena itu, wajar jika Anda memiliki teman-teman di sekitar yang bisa memberikan warna dalam kehidupan Anda. Tapi jangan sampai salah memilih teman, karena teman dapat memberi efek lebih sehat atau sebaiknya.

Menurut penelitian National Health Insitute di Amerika, interaksi yang dijalin dengan para sahabat adalah bentuk "penularan" pengalaman sehat kepada orang-orang sekitar. Penelitian "The Farmingham Heart Study" membuktikan, seseorang lebih cenderung membagikan berita sehat kepada orang-orang terdekatnya. Cerita-cerita sehat itu berupa pengalaman berhenti merokok, rajin berolahraga, atau merampingkan tubuh.

Ternyata hasil yang sama disimpulkan juga dari penelitian yang telah dilakukan selama 10 tahun di Adelaide, Australia. Disebutkan, kualitas persahabatan yang baik akan menyelamatkan kita dari obesitas, serangan jantung, dan masalah kesehatan lainnya. Dibandingkan dengan keeratan hubungan keluarga inti, maka sahabat yang mengajak untuk memiliki kualitas hidup akan lebih memperpanjang umur kita.

Mulai sekarang pilihlah sahabat yang dapat memberikan efek sehat pada Anda. Jika Anda telah menemukannya, peliharalah hubungan Anda dengan sahabat.(preventionindonesia.com/AST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.