Sukses

Obesitas Ancaman Besar Keamanan Nasional AS

Ancaman keamanan nasional Amerika Serikat bukan hanya berkaitan dengan terorisme namun juga masalah obesitas yang dialami kebanyakan remaja negeri Paman Sam saat ini

Liputan6.com, Washington: Ancaman keamanan nasional Amerika Serikat bukan hanya berkaitan dengan terorisme namun juga masalah obesitas yang dialami kebanyakan remaja negeri Paman Sam saat ini. Demikian dikatakan dua mantan petingga Kepala Staf Gabungan AS.

Dalam komentarnya di surat kabar washington Post Sabtu (1/5), Jenderal purnawirawan John Shalikashvili dan Hugh Shelton mengatakan "Tingkat obesitas dikalangan remaja mengancam kesehatan seluruh rakyat AS dan kekuatan masa depan militer kita," Karena calon kadet bisa didiskualifikasi saat proses perekrutan militer karena masalah obesitas dibanding faktor medis lain.

Oleh sebab itu, kedua jenderal mendesak Kongres membuat undang undang guna menjamin gizi yang lebih baik di sekolah serta menawarkan anak mendapatkan  sayuran, buah-buahan dan biji-bijian lebih banyak dan mengurangi makanan berkadar gula, natrium dan lemak tinggi. "Kami menganggap kegemukan sebagai masalah serius dari perspektif keamanan nasional, dan kini lebih dari 130 petinggi militer pensiunan bergabung dengan program "Mission: Readiness" guna meminta Kongres meloloskan peraturan gizi anak. Sebuah hasil penelitian Maret lalu, memperingatkan anak Amerika Serikat menjadi sangat gemuk di usia muda yang berisiko meninggal di usia muda dibandingkan anak berbobot normal dan dikhawatirkan mereka bisa menderita penyakit tua saat baru berusia 20-an. (AFP/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.