Sukses

Haid Tak Teratur, Penyakit Jantung Mendekat

Datang bulan yang tidak teratur ternyata meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.

Liputan6.com, New York: Ternyata, haid atau datang bulan memicu banyak persoalan. Mulai dari perut sakit, lemas, emosi tak terkontrol, waktu haid yang tidak teratur, dan sebagainya.

Nah, jika Anda mengalami masalah haid yang tidak teratur, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Pasalnya, wanita yang memiliki riwayat menstruasiseperrti itu memiliki risiko lebih tinggi terserang penyakit jantung.

Fakta ini diperoleh berdasarkan penelitian yang diikuti lebih dari 23.000 wanita di Belanda selama satu dekade. Katanya, wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur pada masa mudanya lebih memiliki risiko terkena penyakit jantung sebesar 28 persen.

Sedangkan wanita yang datang bulan secara teratur, baik siklus haid panjang (30 hari atau lebih di antara periode) maupun siklus haid pendek (26 hari atau kurang di antara periode) tidak tampak peningkatan risiko penyakit jantung.

Selama penelitian, wanita yang mengalami menstruasi yang tidak teratur belum terjangkit penyakit jantung. Setelah penelitian, 150 wanita dari sekitar 4.000 wanita dengan riwayat menstruasi tidak teratur  didiagnosis terkena penyakit jantung koroner selama 10 tahun ke depan.(Reuters/AST/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.