Sukses

Beras Hitam Baik untuk Kesehatan

Layaknya buah-buahan, beras hitam juga mengandung antioksidan antosianin, zat yang bisa menangulangi serangan jantung, kanker, dan penyakit lain.

Liputan6.com, Boston: Sesendok beras hitam, sebuah varietas eksotis dari Asia, ternyata mengandung gizi melebih apa yang sering didengung-dengungkan sebagai makanan super. Beras hitam adalah makanan super baru. Demikian klaim Dr. Zhimin Xu dari Luisiana State University di Boston, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Beras hitam, yang bisa dihancurkan menjadi bubuk, juga dikenal dengan nama beras terlarang. Sebab, para bangsawan pada masa Cina kuno melarang masyarakat jelata mengkonsumsi jenis panganan itu.

"Hanya sesendok penuh bubuk beras hitam bisa mengandung lebih banyak antioksidan dari yang ditemukan di sesendok penuh blueberry. Kandungan gula yang lebih rendah, lebih berserat, dan mengandung vitamin E," kata Zhimin Xu.

Layaknya buah-buahan, lanjut Zhimin Xu, beras hitam mengandung antioksidan antosianin, zat yang bisa menangulangi serangan jantung, kanker, dan penyakit lain. Tak hanya itu, pabrik makanan juga bisa menggunakan tepung beras hitam untuk membuat sereal sarapan yang sehat, minuman, kue, atau makanan lain.

Saat ini, kata Zhimin Xu, petani tertarik untuk membudidayakan beras hitam. Selain bermanfaat, biayanya juga lebih murah dibanding beras biasa.(ULF/Ant/The Telegraph)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini