Sukses

Cegah Alergi dengan Yoga

Hampir empat puluh juta orang warga AS memiliki masalah alergi musiman. Dan yoga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan alergi.

Liputan6.com, New York: Peralihan cuaca di Amerika  Serikat membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan warga di negara itu. Karena, hal itu memicu "serangan" alergi musiman. Menurut laporan American Academy of Asthma, hampir empat puluh juta orang warga AS memiliki masalah alergi musiman. 

"Alergi memicu tingkat stres dan juga kegelisahan.  Ketika serangan itu terjadi, sistem kekebalan tubuh menutup," kata Baxter Bell, ahli akupunktur medis dan instruktur yoga di Oakland, AS.  "Melakukan sesuatu yang bisa menenangkan tubuh dan diri Anda, seperti yoga, dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan alergi."

Guru besar THT di New York University Medical School Michael Setzen menuturkan, yoga dapat memungkinkan reaksi alergi mereda. "Karena yoga biasanya dilakukan di dalam ruangan, yang akan menghindarkan Anda dari kotoran dan debu penyebab iritasi dan alergi," jelasnya.

Menurut American Academy of Asthma, alergi terjadi ketika bagian dalam hidung meradang atau bengkak akibat udara kotor yang dihirup. "Udara kotor dapat berupa debu, serbuk, bulu hewan, dan lainnya, yang dapat memicu pelepasan zat dalam tubuh yang disebut histamines," jelas Setzen. (Prevention/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini