Sukses

Deteksi Dini Kanker Prostat

Para Ilmuwan dari Universitas Bristol di Inggris menemukan cara untuk mendeteksi kanker prostat sejak dini.

Liputan6.com, London: Para Ilmuwan dari Universitas Bristol di Inggris menemukan cara untuk mendeteksi kanker prostat sejak dini. Penelitian tersebut menemukan dua protein yang dapat dijadikan acuan resiko terserang kanker prostat yang telah membunuh 10.00 pria di Inggris setiap tahunnya.

Dua protein itu adalah protein yang dikenal sebagai faktor pertumbuhan yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan pada organ, serta jaringan. Terutama saat dalam kandungan dan selama masa kanak-kanak. Kedua protein itu dijadikan acuan penelitian yang melibatkan lebih dari lima ribu orang itu.

Menurut para peniliti, pendeteksian kanker prostat dengan dua protein itu lebih efektif dibandingkan dengan pendeteksian dengan menggunakan metode tes urine. "Masih terlalu dini untuk yakin. Tetapi hasil penelitian ini menunjukkan kemajuan pesat dalam pendeteksian kanker prostat," kata Mari-Anne Rowlands, pimpinan penelitian dari Universitas Bristol,

Menurut Rowlands, penelitian lebih lanjut terhadap dua protein itu sangat dibutuhkan untuk mencegah bertambahnya angka kematian. Hasil penelitian ini akan dipresentasikan dalam konferensi National Cancer Research Institute di Liverpool, Inggris, Senin (8/11) lusa.(telegraph/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini