Sukses

Wortel Kalahkan Serangan Jantung dan Kanker

Kata siapa wortel hanya baik untuk kesehatan mata? Sebuah penelitian di Atlanta, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko serangan jantung dan kanker.

Liputan6.com, Atlanta: Selama ini orang hanya mengenal wortel baik untuk kesehatan mata. Ternyata hasil penelitian ilmiah mengatakan lebih sekadar itu. Wortel tidak hanya baik bagi kesehatan mata. Si oranye yang menjadi favorit kelinci ini ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Lagi-lagi, tidak hanya itu. Sebuah penelitian di Atlanta menemukan bahwa wortel dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan kanker. Dua penyakit ini tergolong angker bagi kehidupan manusia karena telah merenggut jutaan nyawa tak pandang bulu.

Kandungan karoten dalam wortel dipercaya dapat menangkal radikal bebas dan zat-zat buruk lainnya yang berasal dari luar tubuh. Selain menemukan banyaknya manfaat wortel, penelitian yang melibatkan lebih dari 15 ribu orang ini juga menghasilkan temuan bahwa buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi secara teratur dapat mencegah serangan kanker paru-paru.

"Buah-buahan dan sayuran seperti wortel, labu, brokoli, dan kacang hijau memiliki kandungan alfa-karoten yang tinggi. Alfa-karoten erat kaitannya dengan penurunan risiko kanker paru-paru," kata Pimpinan Penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dr Chaoyang Li, seperti dilansir Telegraph, Selasa (23/11).

Jadi tunggu apa lagi? Mulailah hidup sehat dan perbanyak konsumsi sayuran dan buah mulai saat ini juga. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini