Sukses

Krim Tabir Surya Cegah Melanoma

Penggunaan krim tabir surya secara teratur dapat mencegah melanoma pada orang dewasa. Melanoma adalah sejenis kanker kulit berbahaya yang bersifat agresif dan menyebar dengan cepat. Kanker ini timbul di sel-sel yang memproduksi pigmen melanin, yaitu pemberi warna pada kulit.

Liputan6.com, Queensland: Penggunaan krim tabir surya secara teratur dapat mencegah melanoma pada orang dewasa, demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Queensland di Australia.

Seperti dikutip dari Zee News, Selasa (7/12), penelitian ini melibatkan 1.621 warga Australia yang dipilih secara acak dan kemudian dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dari peserta tersebut diwajibkan untuk memakai krim tabir surya setiap harinya dan bagian lainnya tidak diwajibkan. Setelah 15 tahun ditemukan mereka yang menderita melanoma berasal dari peserta penelitian yang tidak menggunakan krim tabir surya setiap harinya.

"Penelitian ini memberikan jaminan kepada para profesional di bidang medis mengenai penerapan metode pencegahan melanoma menggunakan krim tabir surya. Walaupun tak dapat dijadikan solusi utama dalam pencegahan melanoma, hasil penelitian ini," kata Adele Green, Pimpinan Penelitian Universitas Queensland.

Diketahui dari beberapa sumber, Melanoma adalah sejenis kanker kulit berbahaya yang bersifat agresif dan menyebar dengan cepat. Kanker ini timbul di sel-sel yang memproduksi pigmen melanin, yaitu pemberi warna pada kulit. Melanoma lebih mematikan jika muncul di area kulit kepala atau leher. Seringkali melanoma agak sulit dibedakan dengan luka biasa yang bukan kanker. Namun jika bisa didiagnosis sejak dini, maka risiko yang diakibatkan bisa diminimalisasi. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini