Sukses

Separuh Wajah Talla Dimakan Belatung

Akibat penyakit yang menggerogotinya selama bertahun-tahun membuat separuh wajah hingga mata seorang nelayan di Bone, Sulsel, habis dimakan belatung.

Liputan6.com, Bone: Tragis nian nasib Talla, nelayan kecil di Dusun Kalukue, Mattirosompe, Sibulue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Akibat penyakit yang menggerogotinya selama bertahun-tahun membuat separuh wajah hingga mata kakek berusia 84 tahun itu habis dimakan belatung.

Penyakit yang menggerogotinya sudah terjadi pada delapan tahun silam. wajah bagian kirinya mengeluarkan nanah dan bau tidak sedap. Perlahan-lahan belatung mulai menggerogoti wajahnya hingga memakan biji mata kirinya dan hidungnya.

Kini, Talla hanya bisa menghabiskan hari-harinya dalam ruangan sempit berukuran 2 x 1 meter. Tak ada yang bisa dilakukan oleh pihak keluarga kecuali merawat korban apa adanya. Beberapa kali korban memaksa anaknya agar di bawah ke rumah sakit.

Namun apa daya bulan tak sanggup digapai karena pekerjaan anaknya yang hanya nelayan kecil berpenghasilan rendah. Korban pun tak pernah sama sekali tertangani medis. Ironisnya lagi, pemerintah daerah setempat terkesan tak peduli dengan Talla.

Hari-hari Talla hanya ditemani oleh kerumunan lalat yang diundang oleh bau tidak sedap dari luka di wajahnya. Rasa sakit dan nyeri seakan jadi napasnya setiap saat. Dia hanya bisa meratapi nasibnya yang seakan dikucilkan warga kampung akibat penyakitnya.

Kemiskinanlah yang mebuat Talla harus menderita seperti ini. Berharap uluran tangan pemerintah yang tak jua kunjung datang. Meski pemerintah Sulsel telah mencanangkan program kesehatan gratis bagi seluruh masyarakatnya yang ada di bawah garis kemiskinan.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini