Sukses

Ratusan Orang Mati Akibat Wabah Kolera

Wabah kolera yang mematikan, menyebabkan setidaknya 105 warga Republik Dominika meninggal dunia. Pemerintah negara di kawasan Amerika Tengah itu berupaya untuk melakukan pencegahan dengan berkunjung ke rumah penduduk.

Liputan6.com, Santo Domingo: Belum selesai berita wabah kolera yang menyerang Haiti, dengan ribuan orang meninggal dunia. Kini, wabah penyakit mematikan ini tengah menggerogoti rakyat Republik Dominika. Dari data pemerintah setempat diketahui, epidemi kolera ini telah menelan setidaknya 105 orang meninggal dunia. Menteri Kesehatan Bautista Rojas Gomez, mengatakan, Ahad (26/12), dari seluruh pasien yang terinfeksi, sekitar 11orang tangah mendapatkan perawatan medis.

Pemerintah Republik Dominika berupaya untuk melakukan pencegahan dalam melawan wabah kolera. Rojas Gomez tidak ingin kasus di Haiti terulang kembali di negaranya.  Sebelumnya, Rojas Gomez mengunjungi daerah yang terkena epidemi di San Juan de la Maguana dan Azua. "Kami telah menjelaskan upaya pencegahan wabah penyakit ini. Seorang relawan terlatih akan berkunjung ke 50 rumah penduduk dengan memperkenalkan paket rehidrasi dan memberikan penyuluhan untuk membantu orang yang terkena diare," katanya.

Selain itu, sebuah delegasi yang terdiri dari lima ribu relawan akan bertemu dengan Presiden Dominika Leonel Fernandez 28 Desember mendatang guna melaporkan kondisi yang terjadi. Tim kesehatan juga akan menjelaskan upaya pencegahan yang akan mereka lakukan agar epidemi ini tidak menyebar lebih luas. (Xinhua/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.