Sukses

Gangguan Mental Hantui Pengangguran

Menganggur itu rawan gangguan fisik dan mental. Dan masalah itu bukan hanya menghantui para pria yang menganggur, tapi juga para wanita dengan masalah serupa.

Liputan6.com, Berlin: Menganggur itu rawan gangguan fisik dan mental. Dan masalah itu bukan hanya menghantui para pria yang menganggur, tapi juga para wanita yang mengalami situasi seperti itu. Demikian hasil penelitian para ahli di  Robert Koch Institute di Berlin, Jerman.

Seperti dilansir situs Medindia.com, penelitian dilakukan terhadap para pengangguran berusia 30 sampai 59 tahun itu, dengan meneliti kondisi kesehatannya. Hasilnya, para pengangguran itu  cenderung menderita gangguan fisik, emosinal, dan fungsional, seperti sulit tidur di malam hari, rasa cemas yang berlebihan, dan menjadi kecanduan pada hal-hal tertentu.

Para ahli percaya, tekanan akibat kehilangan pekerjaan berimbas pada kebahagian. Umumnya mereka menjadi tidak percaya diri, karena mereka merasa pekerjaanlah yang membuat mereka terlihat bertanggung jawab di depan anggota keluarganya.

Penelitian dengan latar belakang serupa dilakukan The Office for National Statistics (ONS) di Inggris beberapa waktu lalu. Hasil penelitian itu, pekerjaan mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi warga Inggris [baca: Kerja Bikin Warga Inggris Bahagia].(SHA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini