Sukses

Ditemukan, Alat Pendeteksi Asma

Ilmuwan Inggris menciptakan sebuah alat yang dapat mendeteksi serangan asma. Deteksi dilakukan, dengan mengukur kadar nitrogen monoksida (NO) dalam hembusan nafas penderitanya.

Liputan6.com, London: Ilmuwan Inggris menciptakan sebuah alat yang dapat mendeteksi serangan asma. Alat yang dikembangkan Asthma UK dan perusahan elektronik Siemens itu mendeteksi serangan asma, dengan mengukur kadar nitrogen monoksida (NO) dalam hembusan nafas penderitanya.

Alat seukuran ponsel itu bahkan dapat memprediksi waktu datangnya serangan asma, sehingga penderitanya dapat mengantisipasi serangan tersebut. Selain itu, alat itu juga dapat menjadi acuan bagi para praktisi kesehatan untuk memberikan dosis obat antiinflamasi yang tepat.

"Kita tahu bahwa tingkat NO mewakili kondisi paru-paru seseorang. Namun penciptanya masih belum yakin apakah alat ini tepat untuk dijadikan acuan untuk pengambilan langkah pengobatan. Itulah mengapa penelitian lebih lanjut kini tengah dilakukan sebelum alat ini diluncurkan," kata Elaine Vickers, Research Relations Manager Asthma UK.(zeenews/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini