Sukses

Mendeteksi Bau Mulut

Bau mulut yang tidak sedap menjadi persoalan tersendiri dalam pergaulan. Sebelum disindir orang lain, ada baiknya mengetahui cara mendeteksi bau mulut.

Liputan6.com, Jakarta: Bau mulut yang tidak sedap menjadi persoalan tersendiri dalam pergaulan. Gara-gara halitosis, seseorang bisa minder dari pergaulan. Menurut ahli gigi dan mulut, bau mulut dikaitkan dengan kondisi kesehatan mulut yang buruk.

Tapi itu tidak berarti bahwa orang dengan kondisi gigi yang baik ada tidak berlubang tidak dapat memiliki halitosis. Bau mulut juga berhubungan dengan lidah. Lebih dari 600 jenis bakteri ditemukan di mulut. Kebanyakan bakteri terperangkap di bawah permukaan lidah dan dapat menyebabkan bau mulut.

Sebelum disindir orang lain, ada baiknya mengetahui cara mendeteksi bau mulut. Dan tips di bawah layak dicoba:

1. Periksa lidah.
Mulailah dengan memeriksa lidah Anda. Jika lidah berwarna merah muda dan mengkilap, hal itu menunjukkan bahwa napas Anda segar. Tapi kalau lidah putih dan terlihat berlapis, maka ada tanda bau mulut.

2. Menjilat punggung tangan.
Menghembuskan napas pada tangan Anda bukanlah cara terbaik untuk mendeteksi halitosis. Cara terbaik mencium bau mulut adalah dengan menjilat punggung tangan Anda. Kemudian, biarkan kering selama beberapa detik. Dan cobalah cium bau pada permukaan tangan. Jika baunya tidak enak, maka Anda memiliki halitosis. (medicmagic/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini