Sukses

Soal Susu, DPR Curiga Ada Agenda Tersembunyi

"Sebetulnya apa sih keberatanya, kalau tidak mau dituduh karena melindungi produsen atau pengusaha susu formula".

Liputan6.com, Papua: Dewan Perwakilan Rakyat kembali mendesak Menteri Kesehatan (menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih segera mengumumkan produsen susu berbakteri Enterobacter sakazakii. Jika dengan sengaja terus mengulur waktu, menteri kesehatan dinilai memiliki kepentingan tersembunyi.

Sejumlah kalangan punya pendapat serupa. Seperti di Papua, Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning menduga ada udang di balik batu. Pemerintah semestinya lebih melindungi masyarakat ketimbang produsen susu.

"Sebetulnya apa sih keberatanya, kalau tidak mau dituduh karena melindungi produsen atau pengusaha susu formula. Inikan lebih penting keamanan atau kebutuhan masyarakat banyak. Jangan-jangan ini ada agenda tersembunyi," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan Mahkamah Agung (MA) sudah memerintahkan menkes untuk mengumumkan jenis susu formula yang terkontaminasi bakteri Enterobacter sakazakii. Surat amar putusannya sudah disampaikan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 14 Februari lalu.

Ketegasan pemerintah dinanti masyarakat. Namun apapun jenis susunya, para ibu diimbau tetap menjaga kebersihan dan menyeduh susu dengan air panas minimal 70 derajat agar bakterinya mati.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.