Sukses

Selimut untuk Penderita Serangan Jantung

Para ahli mengembangankan <i>cooling blanket</i> atau selimut dingin sebagai alat pertolongan pertama pada pasien serangan jantung.

Liputan6.com, London: Para ahli di London, Inggris, tengah mengembangkan selimut khusus yang dapat menurunkan suhu tubuh. Cooling Blanket atau selimut dingin itu akan digunakan sebagai alat pertolongan pertama pada pasien serangan jantung.

Menurut para ahli itu, menurunkan suhu tubuh hingga lima derajat selsius setelah serangan jantung dapat mencegah kerusakan otak dan meningkatkan harapan hidup. Penurunan suhu juga memperlambat proses pelepasan bahan-bahan kimia berbahaya yang dihasilkan tubuh saat seseorang terkena serangan jantung.

"Bukti menunjukkan bahwa menurunkan suhu tubuh pasien dapat meningkatkan harapan hidup mereka. Terapi ini juga dapat mengurangi risiko kerusakan otak parah, yang terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu," kata Ketua Komite Penasihat Prosedur Intervensi Bruce Campbell. "Itulah mengapa kita mendorong penelitian lebih lanjut yang akan menguak efektifitas dari terapi ini."

Cara itu juga telah mendapatkan pengakuan dari Badan Kesehatan Nasional Inggris (NICE) sebagai pertolongan pertama yang aman. Bahkan, boleh dilakukan secara rutin.(Telegraph/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.