Sukses

Menopause Juga Serang Pria?

Menopause yang umumnya terjadi pada wanita lanjut usia ternyata bisa terjadi kaum Adam. Andropause?

Liputan6.com, London: Menopause atau menurunnya tingkat produksi hormon-hormon seks yang umumnya terjadi pada wanita lanjut usia, ternyata bisa terjadi pada kaum Adam. Demikian temuan para ahli di The Centre for Men`s Health di London, Inggris.

Pada pria ini dikenal dengan sebutan andropause. Dalam penelitian tersebut ditemukan, 20 persen dari 10 ribu pria berusia 50 tahun ke atas memiliki masalah dengan ketidakseimbangan hormon. Hal itulah yang akan menjadi pemicu dari andropause.

Jika pada wanita hormon estrogen berkurang produksinya, pada pria hormon yang terganggu adalah hormon testosteron dan dehydroepiandrosterone. Gejalanya, si penderita akan kehilangan energi juga libido, menderita gangguan memori, juga kerap berkeringat di malam hari.

Apakah Anda mengalami salah satu dari gejala di atas? Jika ya, ada baiknya mengonsultasikan dengan dokter mengenai langkah-langkah apa yang harus diambil, untuk mencegah masalah itu.(zeenews/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini