Sukses

Massa Protes RPP Tembakau

Pemberlakuan RPP Tembakau bisa membunuh petani tembakau di Indonesia. Pemerintah dituding lebih berpihak kepada pengusaha asing, tanpa memperhatikan keberadaan industri tembakau dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta: Ratusan orang dari berbagai kelompok mendatangi Kantor Kementerian Kesehatan di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (10/5). Mereka memprotes kebijakan pemerintah soal Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan atau RPP Tembakau.

Menurut koordinator aksi Jovan Kurniawan, pemberlakuan RPP Tembakau bisa membunuh petani tembakau di Indonesia. Pemerintah dituding lebih berpihak kepada pengusaha asing, tanpa memperhatikan keberadaan industri tembakau dalam negeri. Sebab, bukan tak mungkin bakal banyak impor tembakau jika RPP tersebut diberlakukan.

Dalam aksinya, pengunjuk rasa membawa replika rokok raksasa. Mereka juga mengusung berbagai poster, spanduk, dan baliho. Akibat aksi, arus lalu lintas dari Mampang menuju Menteng sempat macet. Namun, arus kendaraan kembali normal setelah pengunjuk rasa masuk ke halaman Kantor Kemenkes.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.