Sukses

Awas, Kereta Bayi Bisa Jadi Pemicu Kanker

Apakah Anda biasa menggunakan kereta khusus bayi untuk si kecil Anda? Hati-hati, menurut hasil penelitian di Universitas Duke Amerika Serikat, penggunaan kereta dorong bayi dapat menjadi pemicu kanker pada anak.

Liputan6.com, Los Angeles: Apakah Anda biasa menggunakan kereta khusus bayi untuk si kecil Anda? Nah, jika ya mungkin ada baiknya mulai sekarang pertimbangkan kembali tentang kebiasaan tersebut. Menurut hasil penelitian di Universitas Duke Amerika Serikat, penggunaan kereta dorong bayi dapat menjadi pemicu kanker pada anak. Tak hanya itu, pada anak-anak yang biasa menggunakan kereta dorong bayi terdapat karsinogen kimia penyebab terjadinya masalah reproduksi, saraf, dan perkembangan otak. 

Menurut para ahli, hasil penelitian berfungsi sebagai peringatan atas penggunaan bahan kimia tahan panas, yang dikenal sebagai pengantar dari busa ke udara. Akibatnya, bayi yang menggunakan produk karsinogen memiliki risiko dua kali lebih besar terkena kanker.

Hal itu berdasarkan penelitian terhadap 101 produk yang menggunakan bahan kimia antipanas. Akibatnya, lima di antaranya mengandung bahan kimia neutroxin yang dilarang di delapan negara. Karena kelima produk yang diuji tersebut mengandung bahan kimia penta yang telah dilarang di beberapa negara bagian Amerika. Sembilan mengandung bahan kimia TCEP. Tiga puluh enam mengandung tris diklorinasi.

"Saya menjadi prihatin ketika mereka menemukan bahan kimia diduga karsinogen untuk kereta bayi yang dikira aman," kata Heather M. Stapleton, pemimpin penelitian. (Dailymail/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.