Sukses

Polipil, Pil untuk Jantung dan Stroke

Sebuah uji coba lintas negara untuk sebuah pil yang mampu menangani sekaligus penyakit jantung dan stroke secara bersamaan telah selesai dilakukan.

Liputan6.com, New Delhi: Sebuah uji coba lintas negara untuk sebuah pil yang mampu menangani sekaligus penyakit jantung dan stroke secara bersamaan telah selesai dilakukan. Para ilmuwan yang bertanggungjawab atas pengembangan pil ini mengatakan obat ini akan mengurangi hingga separuh ancaman orang terkena penyakit jantung maupun stroke.

Dengan pil ini maka penderita tidak perlu mengkonsumsi dua obat yang berbeda tetapi cukup satu pil saja. Polipil (pil multidaya) berisi empat macam obat yang dirancang untuk mencegah problem kesehatan semacam ini dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Obat semacam ini telah berulangkali diuji coba tetapi ini baru pertama kali dilakukan lintas negara dan menggunakan lebih 400 sukarelawan di negara seperti Amerika, India, dan Brasil.

Yayasan yang mendanai penelitian ini, Wellcome Trust, menggambarkan penemuan ini menggembirakan dan berharap akan membuka jalan bagi penemuan obat-obat semacam yang mengkombinasikan dua atau tiga penyakit.

Tetapi pengritiknya mengatakan polipil mempunyai efek samping. Satu dari enam sukarelawan yang menggunakan obat ini mengalami sakit perut dan batuk-batuk. Berbagai badan kesehatan dunia mengatakan masih diperlukan uji coba lebih lanjut sebelum obat ini benar-benar bisa dipasarkan.

Mereka juga mengatakan bahwa yang paling penting untuk mencegah penyakit ini adalah dengan hidup sehat, menjaga makanan, tidak merokok dan minum-minuman beralkohol.

Mereka yang mendukung pil ini mengatakan orang akan terdorong untuk menggunakan pil secara disiplin karena hanya satu saja yang harus dikonsumsi sehingga mengurangi biaya. Para pakar mengatakan India kemungkinan akan menjadi negara pertama yang memproduksi pil ini, demikian dilansir BBC Indonesia.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.