Sukses

Kemiskinan dan "Lupus" Membekapnya

Kemiskinan membuat seorang gadis asal Madiun, Jawa Timur, Rini Setyoningrum, tergolek lemas dengan tubuh kering kerontang di kamar akibat penyakit lupus yang dideritanya sejak empat tahun lalu.

Liputan6.com, Madiun:  Seorang gadis asal Madiun, Jawa Timur, Rini Setyoningrum, tergolek lemas dengan tubuh kering kerontang di kamar akibat penyakit lupus yang dideritanya sejak empat tahun lalu. Ketiadaan biaya membuat orang tua hanya bisa pasrah.

Rini, warga Desa Muneng, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, menghabiskan waktu dengan berbaring di tempat tidur. Gadis 25 tahun ini tak bisa ke mana-mana lantaran menderita kelumpuhan sejak empat tahun lalu. Semakin lama tubuhnya semakin kurus. Bahkan wajahnya mulai menghitam.

Menurut dokter yang pernah memeriksanya, Rini menderita lupus atau penyakit yang disebabkan sistem kekebalan tubuh yang terlalu kuat sehingga menyerang sel-sel di dalam tubuh itu sendiri.

Berbagai upaya penyembuhan pernah dilakukan pihak keluarga. Karena keterbatasan biaya akhirnya semua dihentikan. Penderitaan keluarga ini bertambah karena ibu Rini, Endang Suparti, mengalami keterbelakangan mental sehingga dia tidak bisa diajak bicara. (YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.