Sukses

Tubuh Manusia Produksi Morfin Sendiri

Berdasarkan penelitian, tubuh manusia memproduksi morfin alami secara terus menerus meskipun dalam jumlah yang sedikit. Morfin ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit.

Liputan6.com, Jakarta: Apa yang ada dalam pikiran Anda jika mendengar kata morfin? Tahukah Anda bahwa ternyata manusia itu menghasilkan morfin sendiri?

Hasil sebuah penelitian menunjukkan, tubuh manusia memproduksi morfin secara alamiah terus menerus. Hanya saja, jumlahnya tidak banyak.

Penelitian itu terilhami oleh bekas zat kimia yang sering ditemukan pada tikus dan urin manusia. Dari sanalah, kemudian diketahui bahwa obat terbuang dari tubuh itu kemudian muncul lagi secara alamiah yang dipicu oleh sesuatu yang dikonsumsi.

Peneliti Farmasi Nabati di Donald Danforth plant Science Center, St Louis Missouri AS menyebutkan bahwa tikus menghasilkan semacam 'analgesik' atau penawar rasa sakit yang menakjubkan. Kemampuan semacam ini ternyata juga dimiliki oleh manusia dan juga mamalia lainnya.

Para peneliti pun menyuntik tikus dengan zat kimia otak alami yang dikenal dengan nama tetrahydropapaveroline (THP) dalam dosis tinggi, di mana manusia dan tikus diketahui memproduksinya juga. Setelah itu, dengan menggunakan alat yang dikenal dengan spectrometer, untuk menganalisis urin tikus, tim berhasil menemukan bahwa THP mengalami perubahan kimia di tubuh yang dapat membuat morfin. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa morfin tikus yang diproduksi itu hampir mirip dengan opium. (NationalGeographic/Vin)






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini