Sukses

Gila, Jual Ginjal Demi iPad

Seorang remaja di Cina nekat menjual ginjalnya demi mendapatkan sebuah iPad. Lebih dari satu juta orang di Cina membututuhkan transplatasi setiap tahunnya.

Liputan6.com, Beijing: Seorang remaja di Cina nekat menjual ginjalnya demi mendapatkan sebuah iPad. Seperti diwartakan Telegraph, Jumat (3/6), remaja berusia 17 tahun yang diidentifikasi sebagai Zheng, rela menjual salah satu organ penting di tubuhnya itu setelah melihat iklan iPad di dunia maya.

"Saya ingin sekali membeli iPad2, tapi saya sama sekali tidak punya uang. Saat saya online, saya melihat iklan bertuliskan disediakan sejumlah uang untuk menjadi donor ginjal," katanya saat diwawancarai stasiun TV Shenzen. Ia menambahkan, "tanpa pikir panjang, saya langsung menghubungi agen donor tersebut."

Setelah bernegosiasi, Zheng menjual ginjalnya demi 20 ribu Yuan atau Rp 26 juta. Ia pun melakukan operasi di Rumah Sakit Chenzhou, Cina.

Menjualbelikan organ tubuh secara online sudah menjadi hal biasa di Cina. Meskipun Pemerintah Cina telah melakukan berbagai cara untuk mengnhentikan praktik itu. Tapi nyatanya, transplantasi donor secara ilegal justru merebak di Cina. Bahkan, warga negara asing yang disebut "turis transplatansi" mendapatkan organ tubuh di Cina hanya dengan membayar 50 Poundsterling atau Rp 699 juta.

Berdasarkan data statistik pemerintah, lebih dari satu juta orang di Cina membututuhkan transplatasi setiap tahunnya. Namun, hanya 10 ribu orang yang berhasil mendapatkan donor. Hal itu, membuat prkatik jual beli organ tubuh semakin tidak terkendali.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.