Sukses

Dora Didiagnosa Menderita Von Willebrand Disease

Pasien berkeringat darah, Dora Indrayanti, hingga kini masih menjalani perawatan di RSCM, Salemba, Jakpus. Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih memperkirakan penyakit yang diderita Dora sulit disembuhkan.

Liputan6.com, Jakarta: Dora Indrayanti, pasien yang mengeluarkan keringat darah, hingga Jumat (10/6), masih dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat. Namun, hari ini, wartawan tidak diperbolehkan meliput kondisi Dora. Pihak rumah sakit hanya memperlihat foto Dora yang sedang diperiksa tim dokter gigi. Ia juga menjalani pemeriksaan darah.

Sejak masuk RSCM dua hari lalu, tim dokter melakukan serangkaian tes untuk mengetahui kelainan Dora. Diagnosa awal tim dokter menyebut ia menderita von willebrand disease. Apakah penyakit Dora bisa disembuhkan?

"Tidak ada kata sembuh mungkin untuk penyakit-penyakit seperti ini," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih. "Pasien seperti ini mungkin secara berkala dia harus menerima transfusi. Transfusinya tidak kodrat, hanya faktor tertentu."

Dora bisa sedikit lega. Sebab, biaya perawatan dan pengobatan ditanggung pemerintah. Mahasiswi Universitas Bung Hatta, Padang, Sumatra Barat, ini dari keluarga tak mampu. Ia tergolong gigih. Dora kerap bekerja serabutan untuk membiayai kuliahnya.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini