Sukses

Kurang Tidur Bisa Percepat Proses Penuaan

Kurang tidur ternyata dapat mempercepat proses penuaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli dari Universotas College, kurang tidur juga dapat menurunkan kesehatan mental dan fisik.

Liputan6.com, London: Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli dari Universotas College, London, Inggris, kurang tidur ternyata dapat mempercepat proses penuaan. Para ahli menemukan mereka yang tidur kurang dari delapan jam cenderung terlihat lebih tua empat sampai tujuh tahun dari usia sebenarnya. Kurang tidur juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, di antaranya menurunnya kesehatan mental dan fisik juga meningkatnya resiko kematian dini.

"Hasil utama penelitian kami menujukkan bahwa kurang tidur akan menurunkan fungsi kognitif yang akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan di kemudian hari," kata pimpinan penelitian, Jane Ferrie, belum lama ini.

Kurang tidur juga kerap dikaitkan pada menurunnya fungsi kognitif dan rendahnya tingkat penghasilan. Penelitian lainnya menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari jam normal setiap harinya memiliki gaji yang relatif lebih rendah.(IAN/Zeenews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini