Sukses

Warga Tak Kucilkan Dua Bocah Penderita HIV

Dinas Kesehatan Kota Depok, Jabar, berjanji akan menanggung semua biaya pengobatan dua bocah yang terinfeksi virus HIV. Kedua bocah ini juga beruntung karena warga sekitar tempatnya tinggal tak mengucilkanya.

Liputan6.com, Depok: Zahra dan Rafli, dua bocah asal Depok, Jawa Barat, yang terwarisi virus HIV dari kedua orangtuanya memang tak mengerti penyakit yang menimpanya. Keduanya pun tak mengerti jika satu saat virus mematikan tersebut akan merenggut nyawa mereka.

Zahra yang sudah tidak memiliki ayah dan ibu kini tinggal bersama kakek dan neneknya. Nenek dan kakek Zahra adalah petani penggarap sawah dan ladang orang lain dengan penghasilan tak menentu. Sementara ibu Rafli harus menjadi pembantu rumah tangga karena ayahnya sudah terlebih dahulu meninggalkan mereka.

Meski keluarga Zahra dan Rafli tergolong orang tak mampu dan hidup serba kekurangan, mereka setiap bulannya harus pergi ke rumah sakit untuk pengobatan. Beruntung semangat dan dukungan dari masyarakat sekitar membuat mereka bisa bertahan.

Warga sekitar tempat mereka tinggal tak satupun yang mengucilkan kedua bocah tersebut. Meski bagi sebagain masyarakat penyakit ini merupakan sebuah aib. Sementara itu, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kesehatan berjanji akan menanggung biaya pengobatan kedua bocah tersebut hingga sembuh.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.