Sukses

Rokok Picu Menopause Dini

Merokok dapat meningkatkan resiko serangan prematur kegagalan ovarium atau menopause dini. Benarkah?

Liputan6.com, London: Merokok dapat meningkatkan resiko serangan prematur kegagalan ovarium (POF) atau menopause dini. Demikian hasil penelitian para ahli dari Imperial College, London, Inggris.

Penelitian melibatkan rekor medis dari 4968 wanita. Ditemukan, 370 di antaranya mengidap menopause dini. Dalam rekor medis tercatat 370 orang tersebut memiliki gaya hidup tidak sehat dan gemar merokok.

"Kami meneliti rekor medis dari semua wanita yang lahir di Inggris dalam satu minggu. Beberapa partisipan juga diberikan beberapa pertanyaan mengenai siklus menstruasi mereka," kata pimpinan penelitian, Rumana Islam.

Para ahli juga menemukan, menopause dini tidak hanya menyebabkan infertilitas. Ia juga dapat menurunkan kualitas hidup seseorang layaknya mereka yang mengidap diabetes tipe 2 atau rheumatoid arthritis.(Zeenews/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini