Sukses

Papua Didera 7.300 Kasus HIV/AIDS

Kasus HIV/AIDS di Papua harus terus mendapat perhatian. Hingga Maret 2011, kasusnya mencapai 7.300 lebih yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Liputan6.com, Jayapura: Kasus HIV/AIDS di Papua harus terus mendapat perhatian. Hingga Maret 2011, kasusnya mencapai 7.300 lebih yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Pelaksana Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Papua, Constant Karma, Sabtu (20/8) mengatakan data yang diperoleh KPA Papua dari dinas kesehatan wilayah tersebut secara keseluruhan hampir sama rata antara jumlah HIV dan kasus AIDS.

"Hingga Maret kemarin sudah sebanyak 7.300 lebih kasus di seluruh Papua, orang yang terinfeksi HIV/AIDS. Dan untuk data tiga bulan terakhir, belum keluar karena lagi menanti data dari kabupaten/kota yang masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi Papua, kemudian diberikan kepada kami (KPA)," kata mantan wakil gubernur Papua ini.

Pemerintah terus melakukan sejumlah pertemuan kepada konselor-konselor HIV/AIDS yang berasal dari tenaga kerja sosial masyarakat (TKSM) yang ada di wilayah tersebut guna memberikan penambahan pengetahuan dan pemahaman yang lebih spesifik terkait penyakit tersebut.

"Para TKSM ini kan ada hingga ke distrik-distrik, apa lagi salah satu bidangnya menyentuh langsung dengan HIV/AIDS sehingga kami lihat perlunya melibatkan mereka dalam membantu para penderita penyakit tersebut," katanya.

Constant Karma juga mengatakan untuk melakukan sosialisasi kepada anak-anak sekolah di berbagai daerah, pihaknya juga bermitra kerja dengan UNICEF.

"Itu lewat UNICEF, ada lima kabupaten di Papua yang telah melaksanakan program/mata pelajaran HIV/AIDS di sekolah-sekolah. Yang namanya pengarusutamaan HIV/AIDS, dan ada lima mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan HIV/AIDS. Dan ini semua sudah dibahas dan sudah berjalan," jelasnya.

Constant berharap, sosialisasi di sekolah-sekolah bisa efektif memutus mata rantai ketidaktahuan penyebaran HIV/AIDS sejak dini. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.