Sukses

Waspadalah, Antibiotik Bisa Sebabkan Infeksi

Berhati-hatilah apabila Anda termasuk orang yang biasa memakai antibiotik untuk mengobati batuk pilek. Ternyata penyalahgunaan antibiotik, menurut pakar kesehatan Inggris bisa menyebabkan infeksi.

Liputan6.com, London: Apakah Anda biasa menggunakan antibiotik untuk mengatasi gejala batuk dan pilek? Nah, sebaiknya mulai sekarang harap berhati-hati karena ada sebuah temuan tentang dampak penggunaan antibiotik tersebut dari pakar kesehatan Inggris. Temuan tersebut menyebutkan bahwa antibiotik bisa berdampak menimbulkan infeksi.

Dalam terbitan Genius Beauty, Rabu (21/12) disebutkan bahwa para ahli imunologi dan pakar infeksi memberikan peringatan kepada masyarakat akan kemungkinan adanya infeksi yang tak bisa diobati. Efek tersebut sebagai akibat penyalahgunaan antibiotik. Kondisi tersebut bisa lebih parah karena tak adanya obat antibakteri baru di pasaran.  

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1.800 orang, 70 persen responden mengetahui bahwa mereka atau keluarganya mungkin menjadi korban infeksi.Tapi ketika mereka meminta dokter untuk meresepkan antibiotik, obat tersebut tidak mempan bagi mereka.

Sementara itu, Pusat Eropa untuk Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengakui bahwa superbacteria adalah masalah serius bagi Uni Eropa dan ancaman yang cukup besar bagi kesehatan warga. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini