Sukses

Hati-hati, Stress Akibatkan Kerusakan Jantung

Hindari stress!. Sebuah penelitian menunjukkan, orang-orang yang sering mengalami stress cenderung memiliki penyakit arteri koroner.

Liputan6.com, London: Jika Anda penderita penyakit jantung, hindarilah Stress. Mengapa? Karena berdasarkan hasil penelitian, stress benar-benar berakibat buruk pada jantung. Percobaan yang dilakukan para dokter di University College London, telah membuktikan bahwa orang-orang yang stress cenderung memiliki penyakit arteri koroner.

Percobaan ini melibatkan 514 pria dan wanita dengan usia rata-rata 62 tahun. Setiap mengalami stress, kadar hormon kortisol dalam tubuh mereka diukur. Hasilnya, orang yang mengalami stress cenderung mengalami arteri koroner. Kortisol adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh ketika merasakan tekanan mental atau fisik. Ketika dilepaskan, hormon itu menyebabkan penyempitan arteri, yakni pembuluh darah berotot yang mendistribusikan darah dari jantung ke seluruh tubuh.

"Hasil studi ini menunjukkan hubungan yang jelas antara stres dan penyakit arteri koroner." jelas Prof Avijit Lahiri, seorang ahli jantung yang terlibat dalam penelitian ini, seperti dilansir Telegraph, Minggu (17/1).

Dalam situs Cardiaccentre.com dijelaskan, arteri koroner adalah penyempitan atau penyumbatan arteri koroner, arteri yang menyalurkan darah ke otot jantung. Bila aliran darah melambat, jantung tak mendapat cukup oksigen dan zat nutrisi. Hal ini biasanya mengakibatkan nyeri dada yang disebut angina. Bila satu atau lebih dari arteri koroner tersumbat sama sekali, akibatnya adalah serangan jantung atau kerusakan pada otot jantung.(RST/MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini