Sukses

Awas, Stroke Hantui Wanita Depresi

Mereka yang menderita depresi juga ditemukan cenderung memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung juga diabetes.

Liputan6.com, Boston: Depresi memang sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Depresi ternyata dapat meningkatkan risiko serangan stroke pada wanita. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Rumah Sakit Brigham, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, baru-baru ini.

Mereka yang menderita depresi memiliki tingkat risiko serangan stroke lebih tinggi jika dibandingkan yang tidak. Tingkat risikonya mencapai 39 persen. Yang menjadi salah satu faktor pemicunya adalah obat antidepressan seperti serotonin reuptake inhibitors, yang biasa digunakan para penderita depresi.

"Saya pikir obat antidepressan bukanlah penyebab utama dari risiko ini. Kami tidak menyarankan penderita untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan mereka," kata pimpinan penelitian, Kathryn Rexrode, MD.

Para peneliti juga menemukan depresi dapat memicu seseorang untuk menjalani gaya hidup tidak sehat. Mereka yang menderita depresi juga ditemukan cenderung memiliki tekanan darah tinggi, penyakit jantung juga diabetes. Semua hal tersebut diyakini menjadi pemicu utama dari serangan stroke.(Zeenews/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini