Sukses

Dansa Jaga Keseimbangan Tubuh

Berdansa merupakan kegiatan menyenangkan, terutama bagi mereka yang beranjak lanjut usia. Selain memberikan pengaruh pada psikolgis, joget santai ini juga memiliki dampak yang baik bagi keseimbangan tubuh.

Liputan6.com, London: Keseimbangan tubuh penting bagi kesehatan. Biasanya, keseimbangan ini akan sedikit hilang dengan bertambahnya usia. Orang yang kurang atau minim kesimbangan tubuhnya akan cepat kelelahan. Selain itu kalori dalam tubuh yang seharusnya terbakar, tidak terbakar sempurna sehingga akan berakibat mudah gemuk.

Untuk tetap berada dalam keseimbangan tubuh normal, berdansa bisa jadi pilihan. Terutama bagi mereka yang beranjak lanjut usia. Selain memberikan sensasi ketenangan, jenis gerak tubuh ini juga memiliki dampak baik bagi keseimbangan tubuh, Senin (14/11). 

Para peneliti menemukan cara terbaik untuk meningkatkan keseimbangan. "Dansa menjadi olahraga yang memberikan tantangan untuk tetap seimbang dengan posisi berdiri," ujar peneliti dari Glasgow Caledonian University, Tracey Howe.

Ia menyarankan, baiknya olahraga ini dilakukan tiga kali seminggu dalam sebulan. Bahkan sebuah jurnal Telegraph merilis laporan, kegiatan pendek seperti dansa dan menenteng benda di saat berjalan dapat membawa manfaat meningkatkan keseimbangan bagi tubuh. "Apa yang harus Anda lakukan adalah menggabungkan dua kegiatan, seperti membawa sesuatu saat berjalan atau berdansa yang melibatkan penggunaan berbagai bagian tubuh," kata Howe pada Telegraph.

Dengan keseimbangan tubuh terjaga dengan baik, tentu akan memberikan dampak positif bagi kelancaran aktivitas Anda setiap hari. (huffingtonpost/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini