Sukses

Bahayakah Kebanyakan Vitamin C?

Kandungan zat vitamin C berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal tubuh kita. Namun, bagaimana bila vitamin itu diasup terlalu banyak oleh tubuh kita. Apakah akan berbahaya?

Liputan6.com, Jakarta: Vitamin C (asam askorbat) merupakan nutrisi penting bagi tubuh. Namun,bagaimana bila vitamin itu diasup terlalu banyak oleh tubuh kita. Apakah akan berbahaya?

Seperti dikutip laman health.msn.com, kandungan zat vitamin C berfungsi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal tubuh kita. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Karena tubuh Anda tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka sangat penting  memasukkan vitamin C dalam diet Anda.

Untuk porsi yang dibutuhkan bagi sebagian orang, segelas kecil jus jeruk ditambah satu porsi stroberi, akan memberikan cukup vitamin C untuk satu hari. Setiap vitamin ekstra C hanya akan memerah keluar dari tubuh Anda dalam urin Anda, Selasa (15/11).

Untuk orang dewasa, batas maksimal yang direkomendasikan mengonsumsi vitamin C adalah 2.000 miligram (mg) per hari. Dan bila Anda terlalu banyak mengonsumsinya, maka itu bisa menyebabkan Anda terkena diare, muntah, mulas, perut kram, sakit kepala, insomnia, dan batu ginjal.

Untuk itu, gunakan asupan gizi seimbang, karena sesungguhnya sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan bahaya bagi kehidupan. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini